Photo by JJ Ying on Unsplash

Go popularity has increased in recent years as developers love the “speed” that it offers “low” level performance with “high” level syntax make it a good choices for small startup to not having worry of scaling their apps later on the road. On the other hands, for running company some may consider using go for small service that require high performance like making monthly finance report calculating thousand to million rows.

But there is also Rust that offers more or less the same performance as Go, what is good about Go as a programming language? To be honest, the most…


I spend three years learning and using javascript as my main programming language. I’ve tried many NodeJs frameworks from backend, frontend, desktop, and sockets. It’s one long journey for me to decide to stop my dependency on NodeJs and use more old-school programming languages like Python and PHP.

Photo by Ankush Minda on Unsplash

We all knew what javascript could do. I remembered my 2nd year at uni and all my peers started talking about these frameworks named ExpressJs. We just finished three semesters learning C as the base of our programming language, it’s cool to see how simply another programming language that doesn’t need to…


Penjelasan mengenai data migration dapat dibaca pada tulisan Dasar-dasar Database Migration CodeIgniter 4.

Photo by Joshua Lanzarini on Unsplash

Setelah membuat tabel-tabel dalam database, pada tahap pengembangan biasanya kita belum memiliki data apa-apa seperti data user, data produk, data layanan, dan sebagainya. Untuk itu akan sangat membantu apabila kita mempunyai data yang menyerupai atribut mirip seperti ketika aplikasi dijalankan. Misalnya nama, email, dan password. Hadirlah seeder yang digunakan untuk mengisi tabel dengan data yang kita buat sebelumnya untuk memudahkan pengembangan dan testing aplikasi kita.

Apa itu Faker

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai seeder, kita berkenalan dulu secara singkat apa itu Faker.


Sudah sekitar 2–3 tahun saya tidak menggunakan framework Codeigniter (CI) atau bahasa PHP pada umumnya, jadi sudah lama sekali tidak mengikuti perkembangan. Kebetulan beberapa waktu lalu ada teman meminta bantuan untuk mengerjakan web dengan CI 4, jadi saya coba mengulik kembali dokumentasinya. Jujur saja, dokumentasi CI dari dulu selalu menjadi favorit saya jika dibandingkan dengan dokumentasi framework lain. Setiap materinya selalu dijelaskan dengan padat dan juga dilengkapi dengan contoh baris program yang mudah dipahami.

Terakhir saya menggunakan CI yaitu masih versi 3, ketika melihat versi 4 ada beberapa perubahan yang menarik perhatian saya diantaranya dukungan penggunaan namespace, model database semakin…


Caranya sangat sederhana, kita akan menggunakan library bernama open-wa. Selain nodejs juga tersedia untuk python. Silahkan coba sendiri ya.

Sumber: github open-wa

Pertama-tama pastikan nodejs sudah terinstall pada komputer kalian dan juga npm. Cek ketersediaan node dan npm melalui terminal/commandprompt:

node --versionv12.16.3npm --version6.14.4

Setelah itu buat folder baru, kita beri nama wabot/ . Jika melalui terminal:

mkdir wabot && cd wabot

Jangan lupa melakukan instalasi open-wa:

npm i --save @open-wa/wa-automate

Biasanya memakan waktu beberapa menit karena cukup besar. Setelah selesai, buat file wabot/index.js kemudian masukan program seperti dibawah:

const wa = require('@open-wa/wa-automate');wa.create().then(client => start(client));function start(client) {
client.onMessage(async…

Photo by Brad Neathery on Unsplash

Peringatan: artikel ini ditujukan untuk orang-orang yang mencari alasan untuk TIDAK melanjutkan pendidikannya setelah sarjana. Jika mencari yang memotivasi silahkan cari artikel lain.

Bukan maksud saya untuk pamer, atau menghalang-halangi kalian melanjutkan pendidikan. Hanya sekedar sharing pengalaman dan pandangan pribadi. Jika ada yang baik silahkan diambil, jika tidak maka ditinggalkan saja disini.

Jika kalian masih belum paham apa bedanya tingkat S1, S2, dan S3 silahkan menonton video dari link ini. Pastikan kalian mengerti dahulu, karena isi tulisan ini sebagian besar opini saya yang bersifat subjektif.

Mengatur waktu?

Pengalaman ini dimulai sebelum wisuda sarjana komputer pada agustus 2019. Orang tua saya menelpon (saya…


Python memudahkan penggunanya dalam memanipulasi string. Ada banyak cara untuk memanipulasi string sesuka kita menggunakan fitur yang dimiliki python. Artikel kali ini merangkum beberapa fitur yang sering digunakan.

Photo by Gaelle Marcel on Unsplash

Python adalah bahasa pemrograman yang sering menjadi pilihan utama bagi para pemula yang mempelajari pengembangan perangkat lunak karena sangat mudah dalam memahami perintah-perintah yang dimiliki oleh python.

Bukan hanya pemula yang menggemari python, bahkan aplikasi seperti Instagram juga menggunakan python untuk menampilkan foto-foto yang kita miliki. Python juga sering digunakan oleh peneliti untuk melakukan penelitian karena media yang mendukung melakukan perhitungan sangatlah banyak (tensorflow, scipy, dsb).

Kali ini, kita akan merangkum beberapa…


Photo by George Coletrain on Unsplash

Bahasan kali ini cukup sederhana, tujuan utamanya adalah untuk bisa mengakses file static menggunakan actix-web dan actix-files.

Pengetahuan yang dibutuhkan untuk bisa memahami tulisan kali ini:

Jika sudah, langsung saja ke inti pembahasan.

Tutorial resmi dari actix: static-files

Apa itu file static?

File static biasanya merupakan file yang tidak memerlukan perubahan atau bersifat selalu sama. Contohnya adalah file css, js, image, html, dan sejenisnyal.


Pada tulisan Pengalaman Belajar React-Native Sebulan sudah membahas bagaimana hal apa saja yang saya lakukan untuk belajar React-Native. Bisa dibilang artikel ini adalah follow up dari artikel sebelumnya. Kita akan membahas langkah demi langkah untuk membuat aplikasi sederhana step by step.

Photo by Tim Johnson on Unsplash

Aplikasi yang akan kita buat disini berdasarkan masalah pribadi saya, dan mungkin diantara kalian juga ada yang mengalami. Ketika memesan makanan online (grabfood, gofood, dan sejenisnya) bersama teman, saya kesulitan untuk menghitung potongan/diskon dengan benar.

Alur aplikasinya cukup simple, user menginputkan nominal potongan, kemudian nominal item (makanan) sebelum diskon, dan menekan button hitung untuk melihat harga setelah diskon.


Photo by Kyle Johnson on Unsplash

Disclaimer dulu sebelum cerita:
1. Baru pertamakali nyoba sails.js jadi mungkin ada banyak poin yang kelewat.
2. Terakhir pakai Codeigniter ketika versi 3 rilis, semenjak itu tidak berkecimpung di dunia CI lagi.

Intro

Intro ini cukup panjang, boleh di skip

Selama perjalanan saya sebagai programmer semenjak kuliah, ada dua tipe programmer lain yang saya temui: suka menggunakan framework, dan ada yang lebih memilih membangun sendiri dari awal (catatan: framework dan library itu berbeda). Alasannya bermacam-macam. Namun yang paling utama adalah “Design Pattern”. Yang suka framework, mereka ingin sebuah standar universal untuk projeknya dan bahkan anggota timnya. Mereka tidak perlu lagi repot-repot…

Riris Bayu Asrori

Python & NodeJs Programmer

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store